Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kami Menyediakan Berbagai Macam Accessories dan Sparepart Lainnya Hubungi (+62) 896-6862-1234
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Memilih dan Merawat Pompa Air Serta Mengenal Prinsip Pompa air

Cara Memilih dan Merawat Pompa Air Serta Mengenal Prinsip Pompa air

Diposting pada 13 Februari 2018 oleh admin

                                                                                   Pompa Air

Pompa air biasa digunakan oleh masyarakat untuk mengambil air bersih dari bawah sumur, dari kolam untuk selanjutnya ditampung pada sebuah wadah besar sebagai keperluan manusia baik itu untuk minum ataupun urusan rumah tangga lain. Pada prinsipnya, sebuah pompa air menyedot dan membuang air dengan menggunakan putaran impeler sehingga menimbulkan tarikan,  air yang ditarik akan terus menerus menarik air dari dasar sumur untuk dialirkan menuju pipa out. kemudian pada pipa out, impeler akan mendorong air untuk menuju kepenampungan atau pembuangan. Berikut adalah beberapa jenis mesin pompa air.

 

  1. Pompa Jet Pump

Prinsip kerja pompa air Jet Pump, fluida dialirkan melalui nosel dimana arus mengecil karena perubahan penampang nosel, difuser yang membesar secara perlahan ditempatkan didekat mulut nosel dalam ruang isap, karena kecepatan arus yang meninggalkan mulut nosel bertambah besar maka tekanan dalam arus akan turun, demikian pula didalam ruang isap. Pada difuser kecepatan berkurang sehingga tekanan naik kira-kira mendekati tekanan atmosfer (apabila fluida dibuang menuju atmosfer). Akibat kejadian tersebut maka tekanan dalam ruang isap juga menurun dibawah tekanan atmosfer, istilahnya terbentuk sedikit vakum yang menyebabkan zat cair dari bejana bawah tersedot naik kedalam ruang isap dan terjebak oleh arus fluida yang menyemprot dari mulut nosel.

  1. Pompa Air Rotari

Menggerakkan fluida dengan menggunakan prinsip rotasi. Vakum terbentuk oleh rotasi dari pompa dan selanjutnya menghisap fluida masuk.

  1. Pompo Air Sentrifugal

Salah satu jenis pompa pemindah non positif yang kerjanya mengubah energi kinetis (kecepatan) cairan menjadi energi potensial (dinamis) melalui suatu impeler yang berputar dalam casing. Prinsip kerja pompa air sentrifugal bekerja berdasarkan prinsip gaya sentrifugal yaitu bahwa benda yang bergerak secara melengkung akan mengalami gaya yang arahnya keluar dari titik pusat lintasan yang melengkung tersebut. Besarnya gaya sentrifugal yang timbul tergantung dari masa benda, kecepatan gerak benda, dan jari-jari lengkung lintasannya.

  1. Pompa Ejector

Mampu merubah energi statis cairan menjadi energi kinetis atau kebalikannya. Kondisi vacum yang terjadi pada ruang inlet pompa jet diperlukan untuk menarik cairan yang dipompa kedalam ruang inlet tersebut. Kevacuman dihasilkan oleh aliran searah dari fluida penggerak (actuating fluid).

  1. Pompa Impuls

Prinsip kerja pompa air hydram atau pompa impuls adalah suatu alat untuk mengalirkan air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi secara kontinyu dengan menggunakan energi potensial sumber air yang akan dialirkan sebagai daya drive, tanpa menggunakan sumber energi luar.

 

                                                                         

Untuk Pembelian pompa bisa klik disini

 

Artikel Menarik Tentang Mesin Bisa Klik Disini :

Bagikan informasi tentang Cara Memilih dan Merawat Pompa Air Serta Mengenal Prinsip Pompa air kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Memilih dan Merawat Pompa Air Serta Mengenal Prinsip Pompa air | Jual Mesin Online

Belum ada komentar untuk Cara Memilih dan Merawat Pompa Air Serta Mengenal Prinsip Pompa air

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 0%
Rp 49.900 Rp 49.900
Ready Stock
SIDEBAR