Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kami Menyediakan Berbagai Macam Accessories dan Sparepart Lainnya Hubungi (+62) 896-6862-1234
Beranda » Artikel Terbaru » BOR TERBARU 2018 !! – Jenis Bor Dan Penjelasannya

BOR TERBARU 2018 !! – Jenis Bor Dan Penjelasannya

Diposting pada 15 Agustus 2018 oleh admin
  • DEFINISI MESIN BOR

Mesin bor  adalah salah satu jenis mesin yang gerakannya memutarkan alat pemotong yang arah pemakanan mata bor, hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan). Sedangkan pengeboran adalah operasi menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam lembaran kerja dengan menggunakan pemotong berputar yang disebut BOR.

  • JENIS –JENIS MESIN BOR

 

  1. Mesin bor meja

Mesin bor meja adalah mesin bor yang diletakkan diatas meja. Mesin ini digunakan untuk membuat lubang benda kerja dengan diameter kecil sampai dengan diameter 16mm. Prinsip kerja mesin bor meja adalah putaran motor listrik diteruskan ke poros mesin sehingga poros berputar. Selanjutnya poros berputar yang sekaligus sebagai pemegang mata bor dapat digerakkan naik turun dengan bantuan roda gigi lurus dan gigi rack yang dapat mengatur tekanan pada saat pengeboran.

  1. Mesin bor tangan

Bor yang satu ini merupakan mesin bor yang sering kita pakai. Sebenarnya bor ini mempunyai beberapa subjenis lagi, tapi yang membedakan hanyalah ukuran mata bor-nya saja. Ukuran mulai dari yang terkecil yaitu 6.5 mm, 10 mm, 13 mm, 16 mm, 23 mm, dan 32 mm. Ukuran tersebut merupakan ukuran maksimal, misalnya bor 10 mm, berarti mata bor yang bisa digunakan mulai dari 0 – 10 mm. Bor ini biasanya digunakan untuk mengebor besi ataupun kayu, hal ini tergantung mata bor yang dipasang. Selain berbagai fungsi, spesifikasi dari jenis bor ini juga ada beberapa seperti kecepatan putaran, adanya variabel speed atau kecepatan yang bisa di atur, serta reversible atau putarannya bisa dua arah. Biasanya beda merk beda spesifikasinya, jadi kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kita.

 

 

  1. Bor Cordless

Bor cordless atau bor tanpa kabel, merupakan jenis bor menggunakan baterai sebagai sumber tenaga. Biasanya bor jenis ini digunakan pada pekerjaan ringan, karena kekuatan putaran atau torsi dari bor cordless ini cenderung lemah. Bor cordless ini bisa digunakan untuk bor gypsum, kayu, dan besi. Dengan syarat untuk bor besi, mata bor yang digunakan adalah mata bor yang ukurannya kecil. Pada bor cordless, anda harus perhatikan spesifikasi baterai nya. Bor cordless ini juga bisa digunakan sebagai obeng listrik, cukup pasang saja mata obeng, maka bor cordless bisa digunakan untuk memasang skrup agar lebih cepat dan menghemat waktu.

  1. Bor Core

Bor jenis ini merupakan bor yang paling jarang dipakai oleh konsumen. Bor jenis ini biasanya digunakan untuk proyek ataupun untuk mengukur ketebalan aspal jalanan. Fungsi utama dari bor ini adalah untuk melubangi lantai. Mata bor yang digunakan pun berbentuk seperti tabung. Oleh karena itu, biasanya bor ini digunakan untuk mengebor lantai pada gedung untuk membuat jalur pipa ataupun kabel-kabel. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengukur ketebalan aspal jalanan dengan mengebor jalan tersebut.

  1. Bor Duduk

Bor duduk dapat memungkinkan kita mengebor sembari duduk. Jenis ini pada umumnya digunakan untuk melubangi besi dimana lubang yang dibuat pada besi itu banyak, oleh karena itu mesin bor ini di desain sedemikian rupa agar pengguna bor tidak mudah lelah. Tinggal putar saja tuasnya, maka mata bor dan kepala bor nya akan turun ke bawah. Mesin bor ini dapat mengebor beberapa lapis besi sekaligus, dengan tebal maksimal sesuai dengan panjang mata bor yang digunakan. Bor ini umum nya digunakan pada putaran lambat, tapi kecepatan putarannya bisa diatur melalui belting yang berada pada bagian atasnya. Bor jenis ini juga sama seperti bor tangan, mempunyai beberapa sub-jenis berdasarkan ukurannya. Ukuran bor duduk mulai dari yang terkecil adalah 13 mm, 16 mm, 25 mm

  1. Bor Magnet

Bor magnet  ini mempunyai magnet pada bagian bawahnya. Magnet ini dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan dengan cara menekan saklar seperti pada lampu. Bor ini biasanya digunakan untuk mengebor dinding besi sehingga magnet tersebut akan sangat berguna karena menempel pada bidang besi yang vertical. Ukuran dari bor magnet ini mulai dari 23 mm, 25 mm, 28 mm, 32 mm, 35 mm, dan yang paling besar 60 mm.

 

Bagian-Bagian Utama Mesin Bor

Base atau Dudukan

Base adalah penopang dari seluruh komponen mesin bor. Letak Base berada di paling bawah. Pemasangan Base mesti kuat sebab akan berpengaruh terhadap keakuratan pengeboran.

Column atau Tiang

Column atau Tiang komponen mesin bor yang dipakai sebagai penyangga ketika proses pengeboran. Bagian ini berbentuk silinder yang memiliki alur atau rel yang berguna untuk jalur gerak vertikal dari meja kerja.

 Table atau Meja

Bagian ini dipakai untuk meletakkan benda yang hendak dibor. Meja kerja bisa disesuaikan secara vertikal supaya bisa mengakomodasi ketinggian pekerjaan yang berbeda maupun dapat berputar ke kiri serta ke kanan dengan sumbu poros pada ujung yang menempel pada tiang.  Pada bagian ini dilengkapi dengan pengunci atau Table Clamp yang berguna untuk menjaga meja supaya sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Drill atau Mata Bor

Mata bor digunakan untuk membuat lubang. Mata bor yang kerap digunakan ialah mata bor spiral sebab daya hantar mata bor spiral sangat baik, serta bidang potongnya bisa diasah tanpa harus mengubah diameter bor.

Spindle

Bagian yang menggerakkan chuck atau pencekam, yang memegang atau mencekam mata bor.

Spindle head

Bagian ini merupakan rumah dari konstruksi spindle yang digerakkan oleh motor dengan sambungan berupa belt dan diatur oleh drill feed handle.

Drill Feed Handle

Drill Feed Handle  berfungsi untuk menurunkan atau menekankan spindle dan mata bor ke benda kerja.

Kelistrikan

Penggerak paling utama mesin bor ialah motor listrik. Untuk kelengkapannya dimulai dari kabel Power, kabel penghubung, sekring, lampu indicator, serta sakelar.

 

UNTUK PEMBELIAN MESIN BOR BISA KLIK DISINI

 

Bagikan informasi tentang BOR TERBARU 2018 !! – Jenis Bor Dan Penjelasannya kepada teman atau kerabat Anda.

BOR TERBARU 2018 !! – Jenis Bor Dan Penjelasannya | Jual Mesin Online

Belum ada komentar untuk BOR TERBARU 2018 !! – Jenis Bor Dan Penjelasannya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 0%
Rp 49.900 Rp 49.900
Ready Stock
SIDEBAR